Tips memilih panel surya terbaik untuk kegiatan outdoors | Hiking lab

Tips memilih panel surya terbaik untuk kegiatan outdoors


instapark mercury 10





Untuk kegiatan pendakian atau kegiatan luar ruang yang biasa disebut outdoors,hiking,mountaineering,backpacking kendala yang paling terasa dijaman yg serba gadget dan keterikatan terhadap media sosial seperti facebook,twitter,whatsapp atau penggunaan yang bersifat emergency seperti gps,senter penerangan,HT atau radio panggil tentu membutuhkan energy listrik untuk baterai.

kebutuhan energi listrik tidak akan menjadi kendala apabila tempat yg dituju memiliki sarana colokan atau output listrik dari PLN.masalahnya bagaimana bila lokasi tersebut minim atau bahkan tidak tersedia arus listrik untuk pengecasan/charging?.seberapa banyak baterai yang akan di bawa plus berapa banyak peralatan yg membutuhkan tenaga baterai tentu menjadi pertimbangan lain.


berdasarkan pengalaman dr kegiatan ke beberapa lokasi yg belum terjangkau listrik PLN atau di lokasi bencana dimana arus listrik PLN minim atau bahkan terputus sama sekali maka penting untuk membawa sumber energi mandiri untuk menjadi backup peralatan kita sendiri.

Hal yang terutama menjadi perhatian atau prinsip tentu saja,efisiensi dan efektifitasnya.
harus efisien baik dari segi bentuk,berat,desain,ketahanan terhadap cuaca maupun wilayah dan penanganan,faktor umur pakai atauapun harga per watt dll.
Anker 14 watt

beberapa hal di bawah ini layak untuk menjadi pertimbangan dalam memilih :

Output

pertimbangan daya yang dibutuhkan untuk menunjang aktifitas lebih besar belum tentu lebih baik karena berhubungan dengan berat dan luasan serta harga jangan sampai karena ingin mendapatkan waktu pengecasan yang cepat sehingga mengabaikan faktor lain.selain itu harus diingat pula bahwa panel surya memiliki regulator yang membatasi besaran arus voltase dan ampere yg berfungsi sebagai pengaman terhadap gadget anda dr kemungkinan kelebihan arus dan daya.

Port:

Port apa saja yang disediakan dari pabrikan apakah sesuai dengan kebutuhan,rata-rata panel surya bermerek terkenal yg dijual  dipasaran memiliki port output USB dengan kisaran 5volt dan kemampuan 0.5 hingga 2 ampere.port ini memungkinkan untuk dihubungkan dengan semua peralatan yg memiliki input USB seperti telefon genggam,powerbank,kamera pocket,senter hingga beberapa model gps.

namun ada juga peralatan yg membutuhkan port 12 volt seperti HT,walkie-talkie,beberapa model gps dan senter.dengan bentuk cigarette lighter.

Portabel:

Kemudahan untuk dibawa dan tidak menghambat mobilitas dalam pendakian atau perjalanan.mudah disiapkan dan mudah untuk dibawa.dalam hal ini desain yg efisien tentu menjadi fokus.tentu anda tidak ingin membawa peralatan yang besar dan ribet untuk mengisi ulang gadget yg semakin ringan dan tipis.

Berat:
 
Berapa berat total dr panel surya tersebut,beberapa produk ternama menawarkan panel surya yang sudah terpaket dengan eksternal baterai yang tidak dapat di lepas pasang,baterai dimaksudkan sebagai pengantar sekaligus penyimpan arus listrik yg didapat dr matahari dan penstabil charging ke gadget namun ada pula yang tidak menyertakan baterai dan harus membeli baterai terpisah.masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
solarmonkey Adventurer


Daya tahan:

Pada kegiatan di luar ruang tentu akan berhadapan dengan cuaca yg cukup extrim seperti panas,hujan,berkabut,udara yg mengandung garam dll juga kontur lingkungan yang akan dihadapi seperti tebing,bukit,lumpur,sungai dll.maka dibutuhkan panel surya yang memiliki kemampuan tahan air/waterproof atau minimal tahan cuaca yg cukup ekstrim/weatherproof.atau akan di sibukan dengan kendala keharusan untuk ekstra kehati-hatian dalam menjaga agar tetap dapat diadalkan saat diperlukan.

Aksesori

perhatikan aksesori yang anda dapatkan dalam paket pembelian yang barangkali akan anda butuhkan,sesuaikan dengan kebutuhan perjalanan anda apakah itu untuk camping,hiking,travelling atau lainnya

GoalZero nomad 3.5 kits


Reputasi

pertimbangkan reputasi dari produsen penjual panel surya.apakah sudah teruji di lapangan,bagaimana dengan garansi apakah garansi perbaikan atau ganti baru.apakah review-review menunjukan kinerja produk mereka sesuai dengan klaim yang mereka tawarkan atau hanya gimik.

Harga

pertimbangkan harga per watt dan kelebihan lainnya.apakah harga tersebut sesuai dengan apa yang akan anda dapatkan.


yang patut di perhatikan juga apakah jenis panel surya yg ditawarkan,setiap jenis panel surya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing
bushnell beargryls



beberapa merk ternama dibawah ini bisa menjadi acuan dalam memilih:

instapark
 Anker
GOALZERO
powertraveller,suntactics 
ipoweradd
solarjoos
Brunton
powerfilmsolar 
Poweradd apolo 2


 semoga tulisan diatas dapat membantu pertimbangan anda dalam memilih panel surya terbaik yang anda inginkan.apabila ada pertanyaan atau komentar jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di kolom post dibawah.

0 Response to "Tips memilih panel surya terbaik untuk kegiatan outdoors"

Post a Comment