Review power bank ESER Eagle Smart Power bank 5200 mAH | Hiking lab

Review power bank ESER Eagle Smart Power bank 5200 mAH

kekurangan dan kelebihan power bank eser eagle untuk mendaki gunung



Pernahkah anda mengalami harus membuang power bank terbaik anda yg harganya relatif tidak murah karena kemampuan daya simpan baterai lithium menurun? atau terpaksa beli baru lagi karena menginginkan baterai dengan kapasitas yang memiliki daya lebih besar?.

atau mungkin hanya sekedar bosan dengan warnanya?.


kali ini saya akan membahas power bank yang menawarkan solusi untuk tiga permasalahan diatas yaitu ESER Eagle smart power bank 5200 mAh,berbeda dengan goal zero guide 10 plus recharger yang mengggunakan baterai NiMh,eser eagle yg memiliki berat total dengan 2 buah baterai lithium 130gram ini.setiap produk yang ditawarkan produsen tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.kelebihan dari produk yang ditawarkan atau mungkin dapat disebut keunikan yang membedakan dari charger  lain pada umumnya.



Bentuk desainnya sangat sederhana hanya segenggaman tangan 9.5x4.5x2.2 mm dari bahan plastik keras yang kokoh dan tidak terkesan murahan.pada paket akan mendapatkan satu unit power bank dengan dua buah baterai jenis lithium 18650,satu buah chasing,kabel usb,satu set opsional port dan sebuah buku manual.


Baterai dapat dengan mudah diganti cukup dengan mendorong bagian belakang.maka unit akan terdorong maju terlepas dari cangkang/chasingnya.mengapa harus mengganti baterai?.sering kali ketika bepergian agak lama terutama dilokasi yg belum terjangkau sumber listrik untuk mengisi ulang peralatan kecil yg cukup penting seperti telepon genggam,GPS,head lamp atau mp3 player maka harus membawa beberapa powerbank sekaligus tentu saja cukup merepotkan memakan tempat dan menambah berat bawaan.dengan power bank Eser eagle ini bisa cukup dengan membawa baterai cadangan berjenis lithium type 18650 yg dapat kita sesuaikan kapasitasnya sesuai dengan yg kita butuhkan dan saat ini cukup banyak tersedia di toko online dengan merk,daya dan harga yang bervariasi dan relatif murah.

saya sendiri selain membawa bepergian dalam keadaan semua baterai terisi penuh sebelum bepergian juga menggunakannya untuk menyimpan lisrtik dari panel surya atau solar panel goal zero nomad 7 baterai yang penuh dikeluarkan lalu menggantinya dengan baterai kosong untuk diisi daya pada siang hari dan baterai yang terisi digunakan untuk mengisi ulang peralatan pada malam hari.sama seperti penggunaan power bank guide 10 plus rechager

Pada manualnya disebutkan produk ini mendukung charging management protection yang melindungi dari over-temperature (kepanasan),kelebihan voltase,over dicharging,over curency dan circuit protection,namun saya sendiri belum mendapatkan cukup kendala untuk bisa membuktikan klaim tersebut selain berpegang pada sertifikasi UL/RoHS/EMC/IEC/UN 38.3 yang tertulis pada kotak paketnya.

untuk pengisian an pada smartphone dapat dikatakan cukup cepat karena bisa melakukan pengisian daya 0.5 hingga 2.1Ampere.kompatibel dengan semua perangkat yg memiliki input USB 5V dc.sedangkan untuk pengisian daya pada ESER Eagle sendiri berkisar 5v 0.5A-1.6 Ampere tentu saja tidak ada masalah untuk di isi menggunakan charger yang banyak beredar di pasaran.

Terdapat 3 lampu led berwana biru untuk mengetahui isi baterai dan status pengisian yang berkedip.sayangnya tidak ada fitur lampu led untuk penerangan/senter yang tentu saja cukup berguna untuk mereka yang banyak berkegiatan luar ruang atau saat darurat.






kelebihan :

-desain dan material cukup kokoh
 -baterai mudah diganti,baterai yg menurun kemampuan simpannya dapat dilepas dan diganti baterai baru berjenis 18650 dan menambah/meningkatkan daya.
-cangkang/chasing dapat diganti warna yang dapat di beli di toko online pada paket ESER  Eagle hanya menyertakan warna merah dan putih.bagi saya yg sendiri tidak terlalu masalah dengan warna namun itu kembali kepada selera masing-masing .
-kemampuan mengisi cepat.
-circuit protection dan charging management protection menjadikan aman bagi smartphone atau peralatan lain.
-baterai bawaan berkapasitas cukup besar namun tidak terlalu besar 5200 mAH
-disertakan manual yang cukup jelas mengenai perawatan dan dalam bahasa indonesia

kekurangan:

-tidak ada led untuk fungsi senter darurat.
-hanya bisa menggunakan baterai 18650



Secara keseluruhan ESER Eagle ini cukup efektif menunjang kegiatan saya diluar ruang dan mengurangi beban membawa banyak powerbank menjadi cukup membawa beberapa baterai saja.







0 Response to "Review power bank ESER Eagle Smart Power bank 5200 mAH"

Post a Comment